Rabu, 05 Maret 2014

Mumps bagian 2

Mumps (Gondongan, Bengok) Bagian 2

Gondongan 2
(Image source from:  http://embarrassingbodieskids.channel4.com/)
Oleh : dr. Sutopo Widjaja, MS

Artikel bagian kedua tentang Mumps, atau yang dikenal dengan nama Gondongan, Bengok. Bagian 2 ini membahas mengenai cara mendiagnosis, tata kelola, pencegahan, prognosis dari Gondongan serta apakah ada efek samping dari vaksinasi MMR.
Sedangkan jika Anda ingin tahu mengenai apa itu gondongan, cara penularan dan masa penularan, gejala dan komplikasi gondongan, maka dapat dibaca dibagian 1 disini.

YS, laki-laki, 8 tahun, ditemani orang tua berobat ke puskesmas karena demam dan ada pembengkakan dibawah telinga kanan, bila disentuh YS mengeluh nyeri. Nafsu makan YS juga berkurang karena bila mengunyah nyerinya makin hebat. Setelah pemeriksaan dokter menduga YS sedang menderita penyakit gondongan, selain diberi obat, YS disarankan untuk istirahat di rumah 7 – 10 hari.

Bagaimana Mendiagnosis Mumps / Gondongan ?

Diagnosis mumps umumnya cukup berdasarkan riwayat dan hasil pemeriksaan fisik. Diagnosis penunjang dengan pemeriksan pembiakan (kultur virus) air liur dan pemeriksaan darah dapat mendukung diagnosis, walaupun jarang diperlukan.

Bagaimana Tata Kelola Mumps / Gondongan ?

Hingga saat ini belum ada obat khusus untuk virus mumps, pengobatan ditujukan untuk mengurangi dan menghilangkan keluhan a.l. :
1. Istirahat sampai demam mereda
2. Konsumsi makanan yang lunak untuk mengurangi beban mengunyah
3. Banyak minum air
4. Hindari minuman asam a.l. juice lemon
5. Kompres air panas dan dingin di tempa nyeri
6. Obat2an penghilang demam/nyeri parasetamol, ibuprofen

Bagaimana Pencegahan Agar Tidak Terkena Mumps / Gondongan ?

Mumps dapat dicegah melalui imunisasi, saat ini yang tersedia ialah vaksin MMR (Mumps, Measle, Rubella). MMR perlu diberikan pada anak usia 12 – 15 bulan dan diulang pada usia 4 -6 tahun.

Apakah Ada Efek Samping Vaksinasi MMR ?

Ada dugaan vaksin MMR dapat memicu terjadinya autisme dan peradangan saluran pencernaan, namun penelitian terkini membuktikan tidak ada efek samping dengan vaksinasi MMR.

Bagaimana Prognosis Mumps / Gondongan ?

Mumps adalah penyakit menular yang akan sembuh sendiri (seft-limiting). Umumnya pembengkakan kelenjar parotis akan hilang sekitar 1 minggu dan penderita akan sembuh dalam waktu 10 – 14 hari serta mendapat kekebalan seumur hidup sehingga tak akan terkena mumps lagi.
http://dokita.co/blog/mumps-gondongan-bengok-bagian-2/

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates