Senin, 03 Maret 2014

ANTASIDA


CARA BENAR MENGGUNAKAN ANTASIDA

APA ITU ANTASIDA ?

Antasida adalah obat yang digunakan untuk menetralkan asam lambung atau mengikatnya. Dipakai untuk mengobati penyakit pada saluran pencernaan yang diakibatkan oleh asam lambung, seperti tukak pada oesofagus, lambung atau usus dengan gejala seperti nyeri lambung, mual, dan muntah.

BAGAIMANA KEMANJURANNYA ?

Jika antasida diminum sesuai anjuran, obat ini akan efektif menyembuhkan rasa tidak enak di perut yang diakibatkan oleh asam. Efeknya dapat terasa dengan cepat yaitu dalam 15-30 menit setelah minum obat, dan bekerja selama 2-4 jam.

APA SAJA JENIS ANTASIDA ITU ?

Ada beberapa jenis antasida yaitu:

  • Senyawa aluminium dan senyawa magnesium: merupakan antasida yang paling sering dipakai pada saat ini, karena masa kerjanya lama.
  • Natrium bikarbonat: jenis antasida yang kerjanya cepat tapi efeknya juga cepat hilang. Obat ini menyebabkan timbulnya gas di dalam lambung. Antasida jenis ini tidak dianjurkan untuk penderita hipertensi, gagal jantung, dan gangguan ginjal.
  • Obat kombinasi: kombinasi antasida dengan obat penghilang kembung seperti simetikon.
BAGAIMANA BENTUK OBAT ANTASIDA ?

Antasida yang beredar di pasaran dapat ditemukan dalam dua bentuk yaitu tablet dan suspendi (sirup).

BAGAIMANA CARA MENDAPATKANNYA ?

Antasida dapat dibeli dengan resep dokter atau dibeli bebas di Apotik. Penggunaan dalam jangka lama harus di bawah pengawasan dokter.

BAGAIMANA CARA MINUM ANTASIDA ?

Antasida dapat diminum 3 sampai 6 kali sehari. Diminum satu jam sebelum makan atau satu jam setelah makan dan sebelum tidur. Antasida dalam bentuk tablet harus dikunyah dulu sebelum diminum dan antasida dalam bentuk suspensi harus dikocok dulu.

BAGAIMANA CARA MENYIMPAN ANTASIDA ?

Antasida harus disimpan dalam wadah yang tertutup rapat, hindarkan cahaya matahari langsung. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

APA YANG DILAKUKAN BILA LUPA MINUM OBAT ?

Jangan diminum obat antasida yang terlewat, minumlah obat Anda pada waktu yang berikutnya seperti biasa. Jangan menggandakan dosis.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates