Rabu, 05 Maret 2014

Batu empedu

           Dalam pengobatan, batu empedu (choleliths) adalah badan kristal terbentuk dalam tubuh dengan pertambahan atau concretion komponen empedu yang normal atau abnormal.
Batu empedu dapat terjadi di mana saja dalam pohon bilier, termasuk kantong empedu dan saluran empedu umum. Obstruksi saluran empedu umum adalah choledocholithiasis''''; obstruksi bilier dapat menyebabkan ikterus; obstruksi outlet dari sistem eksokrin pankreas dapat menyebabkan pankreatitis. Cholelithiasis adalah adanya batu di saluran kandung empedu atau empedu:''kole-''berarti "empedu",''Lithia''berarti "batu", dan-sis''''berarti "proses".

Ukuran

Sebuah ukuran batu empedu bisa bervariasi dan dapat sekecil butiran pasir atau sebagai besar sebagai bola golf. Kantong empedu dapat mengembangkan sebuah batu, tunggal sering besar atau yang lebih kecil. Mereka mungkin terjadi dalam setiap bagian darisistem empedu.

Konten

Batu empedu memiliki penampilan berbeda, tergantung pada isinya. Berdasarkan isinya, batu empedu dapat dibagi menjadi dua jenis berikut:
  • Kolesterol''''batu biasanya hijau, namun kadang-kadang putih atau kuning dalam warna. Mereka terbuat terutama dari kolesterol, proporsi yang diperlukan untuk klasifikasi sebagai batu kolesterol yang baik 70% (sistem klasifikasi Jepang) atau 80% (US sistem).
  • ''Batu''Pigmen yang kecil, batu gelap terbuat dari bilirubin dan garam kalsium yang ditemukan dalam empedu. Mereka mengandung kurang dari 20% dari kolesterol. Faktor risiko untuk batu pigmen termasuk anemia hemolitik, sirosis, infeksi saluran empedu, dan kelainan darah herediter sel, seperti anemia sel sabit dan sferositosis.
Proporsi berbagai jenis batu yang ditemukan bervariasi antara sampel, dan dianggap dipengaruhi oleh usia dan asal-usul etnis atau daerah dari pasien.

Campuran batu

Semua batu konten dicampur sampai batas tertentu. Mereka diklasifikasikan sebagai campuran, bagaimanapun, mengandung antara 30% dan 70% dari kolesterol. Dalam kebanyakan kasus konstituen mayoritas lainnya adalah kalsium garam seperti kalsium karbonat, palmitat fosfat, dan / atau bilirubinate. Karena kandungan kalsium mereka, mereka sering dapat divisualisasikan radiografi.

Pseudolithiasis

Juga dikenal sebagai "batu palsu," mereka seperti lumpur sekresi empedu yang bertindak seperti batu.

http://www.news-medical.net/health/Gallstones-What-are-Gallstones-(Indonesian).aspx

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates